Beranda

Senin, 23 Agustus 2010

Dr T. D. Pardede


Beliau Pekerja Keras dan Optimis
Oleh : Tommy Marpaung

SOSOK (Alm) DR Tumpal Dorianus Pardede atau yang sering disapa DR TD Pardede cukup diacungkan jempol. Gebrakannya dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara khususnya di Kota Medan tidak diherankan lagi. Berbagai upaya beliau dalam menciptakan lapangan pekerjaan didalam industri tekstil, perhotelan, pendidikan, olahraga, perkebunan, rumah sakit, dan lain sebagainya telah dirasakan masyarakat luas.

Sekadar mengingatkan, DR TD Pardede adalah putra terbaik Sumatera Utara yang lahir di Balige, Tapanuli Utara 16 Oktober 1916 silam. Setelah sukses berkarya sejumlah bidang usaha, beliau ‘dipanggil’ Yang Maha Kuasa pada 18 November 1981. Sepeninggalan beliau, setiap tahunnya keluarga besar TD Pardede memperingati hari wafatnya orangtua mereka dengan menggelar sejumlah kegiatan. Seperti halnya, Rabu (18/11), putri pertama Alm TD Pardede, Sariaty Pardede bersama keluarga menggelar peringatan tersebut.
Kegiatan tersebut diawali dengan mengunjungi makam kedua orangtua mereka DR TD Pardede dan Hermina Napitupulu di Jalan DR TD Pardede Medan, persisnya di areal RSU Herna Medan .

Selanjutnya, Sariaty bersama rombongan Universitas Darma Agung, ISTP Medan, Akademi Pariwisata TD Pardede bergerak ke Kompleks TD Pardede Jalan Binjai kilometer 10,5 Medan-Binjai. Di sana, Sariaty bersama keluarga menggelar jalan santai seputaran Kompleks TD Pardede, senam santai serta meresmikan sebuah gedung ‘Sport Center’ yang difungsikan untuk kegiatan olahraga bersama.

Saat ditemui BATAKPOS di sela-sela acara peresmian tersebut, Sariaty  menyebutkan bahwa sosok almarhum ayahnya dikenal pekerja keras dan selalu optimis melaksanankan sesuatu. “TD Pardede orangnya pekerja keras dan selalu ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat luas,”ujarnya seraya menambahkan kegiatan memperingati wafatnya TD Pardede setiap tahunnya mereka laksanakan.

Sementara itu, Rektor Universitas UDA Prof Dr Robert Sibarani MS didampingi Rektor ISTP Ir Rudolf Sitorus, MLA mengatakan, TD Pardede memiliki dua yayasan yakni TD Pardede Holding Company dan TD Pardede Foundation. Kedua yayasan itu meliputi bidang perkebunan, rumah sakit, pendidikan, perhotelan, dan pertekstilan. “Kalau yang lain-lainnya semakin maju, tapi tekstil nya tidak ada lagi,”jelas Robert.

Sibarani menambahkan bahwa DR TD Pardede memiliki banyak filosofi di antaranya, filosofi valutama yang mengandung nilai-nilai kejujuran dan kelakuan serta bekerja keras dalam melaksanakan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar